10 Langkah program QA ( Quality Asurance )


Berikut 10 langkah program QA ( Quality Asurance ) beserta penjelasannya

1. Perencanaan QA ( Planning for Asurance )

Langkah pertama menyiapkan organisasi yang melaksanakan QA. Perencanaan mulai dengan review scope organisasi pelayanan untuk menetapkan pelayanan yang dituju. Untuk sebagian organisasi, adalah tidak mungkin untuk meningkatkan mutu seluruh bidang dalam waktu bersamaan. Bahkan, kegiatan QA didahulukan pada beberapa area yang kritis. Prioritas tinggi, volume tinggi atau pelayanan yang mudah bermasalah adalah sering dipilih untuk mendapatkan perhatian khusus untuk memulai progam QA. 

2.       Membuat pedoman dan  menyusun standar - standar 
 Agar pelayanan bermutu tinggi dapat diberikan konsisten, organisasi harus menjabar kan tujuan progam-progam dan sasarannya kedalam prosedur operasional. Dalam arti luas,standar adalah suatu pelayanan tentang mutu yang diharapkan. Dalam maksud ini adalah petunjuk pratis atau protojol klinik prosedur administrasi atau prosedur peranational standar (Stndards operating procedure).


3.   Mengkomunikasikan standar dan spesifikasi 
Hal ini akan meyakinkan msing-masing petugas kesehatan, supervision, meneger, dan orang-orang yang mendukung untuk memahami apa yang diharpkan dari masing-masing mereka, khususnya apabila pelatihan sedikit, supervise lemah atau apabila pedoman atau standar-standar tersebut baru dibuat atau baru berubah.


4.    Monitoring mutu (Monitoring Quallity). 

Monitoring adalah pengumpulan dan review data yang membatu menilai apakah norma-norma program diikuti mutu atau apakah outcome ditingkatkan. Dengan monitor, indicator-indikator kunci. Desain atau redesain system monitor memerlukan penjabaran statemen tentang mutu yang diharapkan kedalam indicator-indikator yang bias diukur, di seluruh tingkat organisasi. Ini termasuk:

@Seleksi indicator

@Menyusun ambang batas(Threshold)

@Menyeleksi sumber informasi

@Mendesain suatu system untuk  mengumpulkan dan kompilasi data

@Melaksanakan kegiatan-kegiatan monitoring
 
 

5.    mengidentifikasi masalah dan menyeleksi peluang untuk peningkatan.

Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dimilai dari identifikasi masalah mutu dan mencaripeluang peningkatan.
Langkah- langkahnya :
identifikasi masalah.
identifikas area potensial untuk peningkatan.
Seleksi area yang dibutuhkan untuk perbaikan.
# keputusan oleh ahlinya
# voting
# dengan matrix.

6.    menetapkan masalah dan operasionalisasinya.

Tujuannya adalah untuk menyatakan secara jelas masalah yang dimaksudkan.
Langkah- langkahnya :
menguraikan masalah.
Menetapkan batasan- batasan masalah.
Verivikas bahwa statement tidak masalah menempatlan atau menyatakan secara tidak langsung penyebab atau solusi.


7.   memilih tim : identifikasi siapa yang seharusnya bekerja. 
  
Menetapkan tim kecil untuk mengatasi maalah- masalah tertentu. 
üa. identfikasi mereka yang terlibat. 
üb. Menyusun tim. 
üc. Membuat prosedur kerja tim. 

8.    analisa masalah dan identifikasi penyebab masalah.

Menganalisa dan mempelajari masalah untuk identifikasi penyebab masalah, mengumpulkan dan analisis data untuk memahami masalah aslinya dan prinsipnya dan identifikasi akar penyebab masalahnya.
Focus analisis masalah dan penyebabnya :
a. ststement masalah dan klarifikasi masalah. 
b. Memahami proses sekitar permasalahan. 
c. Membuat hipotesa tentang penyebab masalah, 
d. Test hepotesa dan menetapkan penyebab utama. 

9.  membuat solusi- solusi dan kegiatan- kegiatan untuk peningkatan mutu.

Sasarannya dari langkah ini adalah membuat solusi yang memecahkan masalah.
Langkah dalam membuat solusi dengan kegiatan peningkatan mutu :
vmemilih dan mendesain semua solusi.
vDaftar semua solusi potensial.
vSeleksi criteria untuk menetapkan solusi terbak.
vMemilih solusi untuk pelaksanaan peningkatan mutu.
vUngkapan solusi secara praktis dan mudah dilaksanakan .

10.  melaksanakan dan mengevaluasiupaya- upaya peningkatan mutu. 

  Langkah final ini biasanya dikenal dengan siklus Deming (PDCA) 
qa. merencanakan pelaksanaan solusi (plan). 
qb. melaksanakan solusi(do).
qc. Mengkuti pelaksanaan solusi da hasilnya (check). 
qd. Membuat keputusan bilamana pelaksanaannya diperluas, dimodifikasi solusinya atau memilih solusi lainnya untuk ditest.






0 Response to "10 Langkah program QA ( Quality Asurance )"

Posting Komentar

back to top