Menjaga mutu pelayanan kesehatan ( Quality Assurance In Health Care )

      Pengertian Quality Assurance, yang sekarang digunakan secara luas adalah untuk mencakup beberapa komponen, antara lain adalah ultilization review, medical care evaluation, risk management, tinjauan sejawat atau peer review, evaluasi mutu perawatan pasien, usaha mengumpulkan datapasien pada bagian - bagian dan sebagainya. Banyak data - data  medical record digunakan untuk ultilization review dan studi medical care evaluation.
     risk management tidak hanya mengumpulkan data - data medical record, tapi sumber - sumber lain yang berkaitan dengan lingkungan rumah sakit, laboratorium, dan pelayanan pasien. Quality Assurance dengan peer review menegakan praktek - praktek standar, membandingkan kinerja dengan standar, identifikasi.masalah - masalah yang muncul dan memecahkan masalah - masalah.
    Dalam usaha - usaha ini, elemen - elemen utama yang mendukung quality assurance adalah :

1. Pengumpulan data.
2. Menilai dan analisis data.
3. Kegiatan - kegiatan untuk penemuan masalah da sebab - sebabnya.
4. Mencari solusi dan melaksanakannya
5. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar.
6. Proses monitoring dan evaluasi.

   Menjaga mutu ( Quality Assurance ) sering diartikan sebagai menjamin mutu atau memastikan mutu. Seperti dlam kata to assure (= to convince, to make sure or certain, to ensure, to scure ) artinya menyakinkan orang, mengusahakan sebaik - baiknya, mengamankan atau menjaga. Penerjemahannya sering dirancukan dalam bahasa belanda " assurantie ", yang pandangan Inggrisnya adalah Insurance = menjamin ( bukan to assurance ).

  Beberapa berikut definisi QA :

1.  Dr. Avedis Donabedian, seorang ahli dalam QA pelayanan kesehatan, memberikan beberapa definisi QA  dari aspek  proses pelayanan kesehatan sebagai berikut ;

  •      Menjaga mutu termasuk kegiatan - kegiatan yang secara periodik atau kontinu menggambarkan keadaan   di mana pelayanan disediakan. Pelayananya sebdiri dimonitoring dan hasil pelayananya diikuti ( jejaknya ). Dengan demikian kekurangan - kekuranga dapat di catat, sebab - sebab dari kekurangan - kekurangan itu diketemukan, dan dibuat koreksi yang diperlukan. Menghasilkan perbaikan kesehatan dan kesejateraan. QA dalam hal ini adalah proses sirklus.
  •     " QA adalah semua penataan - penataaan dan kegiatan - kegiatan yang dimaksudkan untuk menjaga keselamatan, memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan "

     2.   Heather Palmer ( 1983 ) dari Universitas Harvard mendefinisikan QA adalah " suatu proses pengukuran mutu, menganalisa kekurangan yang ditemukan dan membuat kegiatan untuk meningkatkan penampilan yang diikuti dengan pengukuran mutu kembali untuk menentukan apakah peningkatan telah tercapai. Ia adalah suatau kegiatan yang sistematik, siklus kegiatan yang mempergunakan standar pengukuran "

     3. Drs. Rueles dan Frenk dari mexico, memberikan definisi QA,  " suatu proses sistematik untuk menutup gap antara kinerja yang ada dan outcome yang diharapkan "

      4. Lori Di Prete Brown, mengemukakan bahwa " Intinya, Quality Assurance adalah suatu susunan kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan untuk menyusun standar - standar dan untuk memonitoring dan meningkatkan kinerja sehingga pelayanan yang diselengarakan sedapat mungkin efektif dan selamat "

    5. Dr Donald Berwick, ahli CQI dari US, menjelaskan bahwa pendekatan QA adalah " Suatu pendekatan pengorganisasian   secara terintergrasi untuk mempertemukan kebutuhan pasien dan harapan pasien dengan manajemen serta staf pada waktu proses peningkatan dan pelayanan dengan mengunakan teknik kuantitatif dan piranti analis. "

    6. Menurut Joint Commision on Accreditation of Hospital ( JCAH ) badan yang menyelenggarakan akreditasi di Amerika, " QA adalah suatu program berkelanjut yang disusun secra objektif dab sistematik, memantau dan menilai mutu dan kewajaran pelayanan terhadap pasien, menggunakan kesempatan untuk meningkatkan pelayanan pasien  dan memecahkan masalah yang trungkap. "

    7. Definisi QA menurut ISO 8402 adalah semua kegiatan sistematik  dan direncanakan yang diperlukan untuk menyediakan kepercayaan yang memadai sehingga produk dan pelayananya memuaskan sesuai dengan syarat - syarat mutu "
    ( Quality Assurace is " All those planned and sistematic actions necessary to provide adequate  confidence that product of service will satisfy given needs )


    8. ANS / ASQC ( A. 3- 1978 ) mendefenisikan : " Semua kegiatan yang direncanakan yang diperlukan untuk menyediakan kepercayaan yang memadai sehingga pelayanan produk memuaskan sesuai dengan kebutuhan." 



    9. JIS Z8101 mendefinisikan : " kegiatan - kegiatan sistematik yang dilakukan oleh perusahaan / pabrik untuk menjamin sepenuhnya mutu yang diharapkan oleh konsumen / pemakai. "



    10. Dr. K. Ishikawa mengatakan, " QA dimasudkan untuk menjamin mutu dimana konsumen dapat membeli dan menggunakan dengan kepercayaan dan kepuasan dan masih dapat digunakan untuk jangka panjang."


    Referensi dari Wijono, Djoko. Manajemen mutu Pelayanan Kesehatan;237.1999



    0 Response to "Menjaga mutu pelayanan kesehatan ( Quality Assurance In Health Care )"

    Posting Komentar

    back to top