Resep Klinik Sehat

Asalamualaikum Wr. Wb
Hari ini klinik sehat akan membahas

“ Tips Menyimpan Bahan Makanan Dalam Kulkas “
1. Kulkas sebaiknya dipasang pada suhu 4 derajat celcius atau kurang. Suhu ini cukup membantu memperlambat proses ezimatik dan pertumbuhan bakteri, tetapi tidak terlalu dingin untuk mempengaruhi kualitas makanan dengan adanya Kristal es yang terbentuk. Ada baiknya memasang termometer kulkas guna untuk memastikan suhu yang cukup rendah bagi keamanan pangan.
2. Selalu tertutup makanan dalam lemari es. Udara dalam kulkas sangat kering, sehingga makanan didalam kulkas mudah kering, penurunan kualitas, dan menjadi tidak menarik lagi dalam waktu singkat. Menutup makanan mencegah makanan yan mudah menyerap bau, seperti produk susu tercemar bahan makanan lain.
3. Suhu dingin kulkas memperlambat proses enzim dalam makanan dan juga reproduksi bakteri. Hal ini akan memperpanjang rasa, kualitar dan tekstur makanan. Namun perlu dicatat kulkas tidak memperbaiki makanan dan tidak membunuh bakteri.
4. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh. Pastikan selalu ada ruang yang cukup diantara makanan yang membuat udara dapat bersirkulasi dengan bebas dengan begitu suhu akan lebih merata.
5. Makanan yang perlu didinginkan sebaiknya dimasukan ke kulkas setidaknya dalam waktu 2 jam setelah dimasak untuk mencegah pertumbuhan bakteri
6. Bersihkan kulkas setiap tiga minggu sekali. Buang sayur, buah, makanan yang tidak dapat dikonsumsi.

0 Response to "Resep Klinik Sehat"

Posting Komentar

back to top