Tips agar tetap sehat walaupun berpuasa


Puasa merupakan rukun islam yang ke 3, kita sebagai umat islam di wajibkan untuk berpuasa terutama pada bulan ramadhan, selama sebulan dalam 1 tahun umat islam di wajibkan untuk berpuasa ramadhan. ternyata selama ini puasa itu mendatangkan manfaat untuk tubuh kita bila di tinjau dari segi kesehatan dan insya allah puasa juga dapat memfitrahkan diri kita untuk kembali bersih dan suci.

Puasa dapat di artikan sebagai menahan hawa nafsu duniawi dari mulai waktu imsyakiyah sampai dengan waktu magrib. menahan lapar dan haus sepanjang lebih dari 12 jam akan mengakibatkan tubuh kita akan mengalami sedikit mungkin banyak kehilangan energi dikarenakan beraktifitas sekaligus menahan lapar dan haus. banyak dari kita saat menjalani puasa merasa lemas dan tidak bertenaga karena asupan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk kedalam tubuh kita tidak sebanyak hari hari biasanya. sebenarnya, orang yang merasa lemas dan tidak bertenaga pada saat menjalani puasa + beraktifitas sehari-hari seperti kerja, sekolah, dan lain sebagainya itu mungkin tidak memperhatikan asupan makanan pada saat kita berbuka puasa dan pada saat kita sahur..
lantas bagaimana kita tetap sehat walapun beraktifitas + menjalankan puasa ..?

mungkin sedikit tips dari Cafe - Radiologi agar kita tetap sehat saat menjalankan puasa, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian..

( Pada saat kita sahur )   
Baca Selengkapnya ( Klik READ MORE )


* Konsumsilah makan-makanan yang bergizi baik ketika kita akan santap sahur bersama keluarga, meskipun menu sahur sangatlah sederhana tetapi yang penting berisi 5 unsur gizi komplit seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan protein supaya selama berpuasa kita tidak cukup banyak kehilangan ke 5 energi yg penting untuk tubuh seperti yang disebutkan diatas.
* Mohon untuk perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti yang kita tahu bila kita mengkonsumsi makanan yang berserat maka tubuh akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
* Bagi mereka yang menderita sakit lambung harus menghindari makanan seperti ketan, mie, daging berlemak, ikan, dan daging yang di awetkan, minuman yang mengandung soda, dan bumbu" yang berbau tajam (sperti cabe, merica, cuka, asem ), makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang dapat mempengaruhi meningkatnya produksi asam lambung,, sebaik nya setelah makan sahur anda tidak boleh langsung tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk ketika kita sahur

( Saat kita berbuka )

Pada saat berbuka, mohon awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman yang hangat dan manis seperti setup, kolak, ataupun minum minuman manis lainnya. Ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh kita. Tapi perlu ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang ber-soda, karena dapat menimbulkan masalah akibat buruk bagi perut Anda.

* berbuka puasa sebaiknya bertahap dan jangan melahap semua makanan yang telah Anda sediakan untuk berbuka, karena bila melahap semua makaanan yang Anda sediakan maka lambung akan "kaget" dan kerja lambung akan semakin berat,
* bagi mereka yang berat badan nya lebih dari ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. “Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.”.



Demikian info dari Cafe - Radiologi, semoga bisa bermanfaat


note : awali sahur dan berbuka puasa dengan niat karena allah  SWT.


Selamat menjalankan ibadah puasa

0 Response to "Tips agar tetap sehat walaupun berpuasa"

Posting Komentar

back to top