Sekilas Tentang Radiologi Dental


UMUM . Prosedur diagnostik dan pengobatan tidak dapat dilakukan dengan memuaskan tanpa berbagai teknik radiografi eksposur.. Gigi spesialis harus dapat benar posisi pasien, kepala tabung, dan film x-ray untuk eksposur film intraoral atau panorama. Dia juga harus mampu membaca dan mengikuti instruksi pabrik akurat
.
  Intraoral Radiografi
  Kebanyakan radiografi gigi yang dibuat pada film intraoral. Sebuah radiograf intraoral dibuat dengan film diadakan di mulut saat terpapar.. Intraoral radiografi dilakukan sehubungan lebih dekat ke objek memberikan detail lebih daripada yang mungkin dengan radiografi extraoral, yang diambil dari luar mulut, dan memiliki lebih sedikit superimposisi bayangan.
 
JENIS Film radiografi intraoral DAN KEPERLUAN MEREKA

  1. Periapikal. Film periapikal menyediakan informasi mengenai seluruh gigi dan jaringan sekitarnya.
  2. Bite-sayap (Interproximal).. Bantuan film menggigit-sayap di deteksi dan penentuan kedalaman karies atau cacat lainnya dari dua pertiga koronal (bagian mahkota) yang berlawanan gigi dan puncak alveolar sekitarnya.
  3. Occlusal. Film oklusal menyediakan sarana untuk memeriksa area yang lebih besar dari rahang dan melakukannya dari sudut yang berbeda daripada yang dimungkinkan dengan metode intraoral lainnya.  Ini sangat bernilai pada lokasi dan mendiagnosis patah tulang, batu saluran air liur, dan gigi yang terkena dampak. radiograf oklusal yang digunakan lebih jarang dari radiografi periapikal dan interproximal.
  PENEMPATAN paket FILM
  Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam penempatan dan stabilisasi paket film intraoral untuk mencapai hasil yang memuaskan.
  •   Pastikan bahwa film adalah posisi yang benar.
  • . Pusat film lingual dibandingkan gigi / gigi (kecuali gigi seri tersebut) yang diradiografi.
  •   Hindari gerakan film selama eksposur.
  • . Dalam menempatkan paket film di mulut, menghindari kontak antara film dan jaringan mulut sampai film ini di sekitar posisi yang diinginkan.  Banyak pasien cenderung muntah ketika film adalah bergerak sepanjang kontak dengan jaringan oral.  Kesabaran dan kelembutan akan membantu mengurangi tersedak. Membiarkan belah ketupat anestesi untuk membubarkan di lidah sebelum film ditempatkan di mulut kadang-kadang membantu. . Menginstruksikan pasien untuk bernapas dalam-dalam melalui hidung juga membantu dalam mengontrol gag refleks.
      Baca Selengkapnya ( Klik READ MORE )


  TEKNIK radiografi periapikal
Radiografi periapikal dirancang untuk memberikan gambar diagnostik bagian apikal gigi dan jaringan sekitar mereka. . Mulut penuh ujian intraoral terdiri dari 14 radiografi periapikal dengan dua film gigitan sayap dan menyediakan gambar dari semua gigi dan struktur terkait.. tunggal radiografi periapikal sering dibuat dari gigi individu atau kelompok gigi untuk mendapatkan informasi untuk pengobatan atau diagnosa dari penyakit lokal atau kelainan.. The membelah (pendek-kerucut) dan paralelisasi (lama-kerucut) teknik adalah dua teknik yang paling umum digunakan.. Kedua teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. . preferensi Petugas gigi yang menentukan teknik yang akan digunakan.

dikutip dari berbagai sumber. 

0 Response to "Sekilas Tentang Radiologi Dental"

Posting Komentar

back to top