Mengenal radiologi


Radiografer ,penata rontgen ,tukangfoto sinar x atau apalah namanya. Yang dari tadi saya sebutkan hanyalah sinonim atau persamaan kata dari definisi radiografer. Radiografer ialah salah satu tenaga kesehatan yang diberi tugas,wewenang dan tanggung jawab untuk melakukan kegiatan radiografi dan imaging diunit pelayanan kesehatan bidang radiodiagnostik, imaging, radioterapi, dan kedokteran nuklir .

Seorang radiografer dapat menjalankan tugasnya secara mandiri maupun dalam satu tim(Dokter,Dokter Spesialis Radiologi, Dokter kedokteran Nuklir,dll). Dan seorang radiografer pun bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam bidang radiasi kepada masyarakat umum dengan tugas dan fungsinya yang dilandasi oleh Etika Profesi Kesehatan yang telah mengaturnya.

Dan tahukah anda ? ? ? ? di luar negeri radiografer disebut juga sebagai seorang Medical Imaging Technologist.Medical imaging itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan dengan  cara mengevaluasi area dari tubuh pasien yang tidak dapat terlihat secara kasatmata. Proses ini sendiri dilakukan untuk mengetahui dan mencari tahu adanya indikasi kelainan dari bagian objek yang diperiksa.

Medical Imaging Technologist
ialah seseorang yang memiliki kompetensi dan kapasitas dalam menggunakan perangkat - perangkat modalitas imaging dalam pekerjaannya melihat serta mengevaluasi area objek tubuh yang tidakdapat terlihat dengan mata telanjang. Beberapa perangkat tersebut antara lain :

~Radiografi

Modalitas ini menggunakan sinar x dalam pengoperasiannya. Sinar X atau dalam bahasa Inggrisnya disebut X-Ray ditemukan tahun 1895 oleh W.C.Roentgen ,disebut sinar x karena sifat-sifat sinar ini yang pertama – tama belum mereka ketahui. Terkadang pada zaman dahulu pun orang menyebut sinar x dengan nama sinar roentgen. Disebut sinarroentgen tak lebih sebagai sebuah tindakan pengapresiasian atas seorang ilmuwan besar yang berhasil menemukan suatu sinar yang kelak dapat dipergunakan untuk membantu diagnosa umat manusia.
Baca Selengkapnya ( Klik READ MORE )

~CTScan

CT,atau sering juga disebut dengan nama computer Axial tomografi atau disebut juga sebagai computer assisted tomografi(cat)
,ialah suatu metode pencitraan diagnostik yang menggunakan tomografi sehinggamenghasilkan gambaran objek internaldari tubuh yang diperiksa secara cross sectional imaging. CT Scan pun dapat mengevaluasi bentuk, ukuran danlokalisasi struktur yang ada di dalam rongga tubuh objek yang diperiksa. Tomografi berasal dari bahasa yunani yaitu tomosyang berarti lapisan (slice). CT Scan pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Godfrey Newbold pada tahun1972.

~MRI

MRI ( Magnetic Resonance Imaging )
ialah salah satu jenis modalitas imagingyang menggunakan medan magnet besar.Komponen paling penting dalam sebuah sistem MRI adalah magnet.Magnet di dalam sebuah sistem MRI menggunakan unit pengukuran dikenal sebagai Tesla.Unit ukuran lain yang umum digunakan adalah dengan magnet Gauss (1 Tesla = 10.000 Gauss). Magnet yang digunakan sekarang ini di MRI di rentang0,5 Tesla -- 2,0 Tesla , atau 5000 ke 20.000 Gauss. Magnet yang lebih besardari 2 Tesla belum disetujui untuk digunakan dalam medis,walaupun ada yang lebih besar lagi - hingga 60 Tesla - digunakan dalam penelitian.

Ruang MRI dapat menjadi tempat yang sangat berbahaya jika tindakan pencegahan yang ketat tidak dilakukan. Objek logam dapat menjadi proyektilberbahaya jika dimasukkan ke dalam ruang MRI. Misalnya,kertas, pen, kunci, gunting, hemostats, stethoscopes dan lain benda kecil dapat dicabut dari kantong dan keluar dari tubuh tanpa peringatan, dan terbang menujusumber medan magnet (dimana pasien ditempatkan) pada kecepatan sangat tinggi,sehingga akan menjadi ancaman bagi semua orang di dalam kamar. kartu kredit,bank dan kartu magnetik dengan hal lain yang menggunakan Encoding akan terhapus oleh sistem MRI.

~USG

USG( UltraSonografi)
adalah salah satu penunjang diagnostik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggidalam menghasilkan gambaran diagnosa, tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic), tidak menimbulkan efek samping (non invasif),relatif murah, pemeriksaannya relatif cepat,dan persiapan pasien sertaperalatannya relatif mudah. Gelombang suara yang dihasilkan dikeluarkan melaluitransduser dan menembus bagian dalam tubuh pasien yang diperiksa. USG biasadigunakan untuk pemeriksaan organ-organtubuh yang meliputi, ukuran anatomis,gerakan, dan hubungan organ yang diperiksa tersebut dengan jaringan lain disekitarnya, serta untukmengetahui indikasi adanya kelainan patologis pada organ tersebut.

~MicrowaveImaging

Modalitas Imaging yang satu ini mengunakan gelombang microwave
pada rentang 300MHz sampai 30 GHz untuk menghasilkan gambaran. Alat ini menggunakan kamera gelombang mikro untuk mentrasmisikan pancaran gelombang mikro yang kemudian akan ditangkap beberapa antenna gelombang mikro .

Wowww..ternyata seorang Radiografer memiliki pekerjaan dan tugas serta tanggung jawab yang amat besar. Seorang radiografer diharapkan memiliki ability dalam penguasaan beberapa alat yang tadi sudah dijelaskan di atas. Belum lagi perangkat – perangkat pada bidang instalasi Radioterapi ,Kedokteran Nuklir dan modalitas modalitas lain yang sedang danakan terus berkembang seiring perkembangan teknologi ilmu kedokteran. Radiografer bukan sekadar menghasilkan diagnosa hanya dari alat – alat konvensional X –Ray saja. Tapi lebih dari itu ,radiografer diharuskan mampu untuk memahami serta menggunakan modalitas lain selain sinar X saja seperti medan magnet , gelombang suara maupun pemanfaatan gelombang mikro. Hehe..ternyata tidak selalu saja kita radiografer identik dengan tukang foto rontgen biasa. Namun , jauh dari pada itu radiografer ialah pekerjaan luar biasa dengantanggung jawab yang amat besar.

So .are you proud being a medicalimaging technologist ?

(Dikutip dari berbagai sumber)

0 Response to "Mengenal radiologi"

Posting Komentar

back to top